A.
Pendahuluan
Geometri merupakan salah satu pokok bahasan matematika di sekolah
maupun di perguruan tinggi. Dalam geometri dibahas objek-objek yang berhubungan
dengan bidang dan ruang. Salah satu software
matematika yang siap dimanfaatkan untuk membantu pemahaman siswa pada
pembelajaran matematika khususnya geometri adalah Dynamic Geometry
Software (DGS) Cabri 3D yang selanjutnya disebut Cabri 3D. Cabri 3D
merupakan software geometri
interaktif. Software ini merupakan
pengembangan dari software
geometri Cabri II. Software ini di produksi di Perancis oleh Jean Marie Laborde dan Max
Marcadet pada tahun 2004.
Cabri 3D mampu menyajikan objek geometri yang sangat baik dan dapat
dilihat dari berbagai sudut pandang serta mampu menentukan hubungan antara
objek-objek tersebut. Cabri 3D dapat
di unduh secara gratis di website http://www.cabri.com/download-cabri-3d.html
Menurut Accascina dan Rogora (2006), Cabri 3D adalah perangkat lunak
dinamis geometri yang dapat digunakan untuk membantu siswa dan guru dalam
mengatasi beberapa kesulitan-kesulitan yang dialami dan membuat belajar
geometri dimensi tiga (geometri ruang) menjadi lebih mudah dan lebih menarik.
Menurut Anthony (2006) hasil penelitian menunjukan bahwa Cabri 3D memiliki dasar yang sangat kuat
dalam membantu proses pembelajaran matematika khususnya geometri, karena mampu
membantu memvisualisasikan konsep geometri.
Dari beberapa penelitian seperti yang telah dilakukan oleh Irsadi
(2012), Guven (2008), dan Rogora (2005) menyebutkan bahwa Cabri 3D mampu meningkatkan kemampuan spasial siswa.
Cabri 3D dengan versi terbarunya Cabri 3D V2 tersebut diharapkan
siswa-siswi dapat menyelesaikannya dengan cepat dan tepat. Pemahaman secara mendalam
tentang geometri berguna dalam berbagai situasi dan berkaitan dengan
topik-topik matematika dan pelajaran lainnya di sekolah. Siswa-siswi lebih
tertarik pada objek-objek pemodelan atau contoh-contoh konkrit. Oleh karena itu
diharapkan pembelajaran menggunakan media pembelajaran yang mendukung salah
satunya dengan menggunakan software
Cabri 3D.
Cabri 3D tidak hanya digunakan sebagai software yang mempresentasikan matematika secara
geometri tetapi juga dapat digunakan secara umum untuk membangun kemudahan
bermatematika dengan memunculkan bentuk-bentuk yang menyerupai keaslian dari
berbagai model. Software ini memberikan kemudahan bagi siswa dan guru
untuk mengeksplorasi berbagai bentuk dan model geometri. Siswa bisa lebih aktif
dalam pembelajaran dengan melakukan eksplorasi di bawah bimbingan guru. Software ini juga memberikan kemudahan
kepada siswa untuk lebih mampu membuktikan teori dan konsep secara mandiri
dengan menggunakan sedikit perhitungan dan manipulasi sederhana.
Program cabri 3D dapat dijalankan minimum pada windows 98 dan
MacOS X vesri 10,3 atau di atasnya dengan konfigurasi minimal untuk
PC 800 MHz atau lebih tinggi CPU, RAM 256 MB atau lebih, OpenGL kompatibel
kartu grafis dengan RAM 64 MB atau lebih.
B. Perkembangan
Cabri
Tahun 1985, Jean-Marie Laborde seorang saintis computer
matematikawan, dan peneliti pada matematika diskrit, mengemukakan sebuah penemuan
berupa buku tentang garis–garis besar dari geometri. “Cabri-geometre” menjabarkan sebuah eksplorasi dari sifat–sifat
objek-objek matematika dan hubungan antara setiap sifat dan objek tersebut.
Dimulai dari tahun 1990 sebuah proyek besar di Computer Science and Applied Mathematics Institute in Grenoble
(IMAG) dimulai dengan mengumpulkan para peneliti komputer sains, ahli
matematika, ahli-ahli kecerdasan buatan dan psikologi dan juga guru-guru.
Proyek ini bertempat di laboratorium LSD2, dan juga sekolah-sekolah di
Grenoble. Selama tahun 90-an generasi pertama dari Cabri-geometre telah
dihasilkan yang merupakan generasi baru cikal bakal “Cabri II” yang dikembangkan oleh Jean-Marie Laborde, Franck
Bellemain dan Sylvie Tessier sebagai pendukung peralatan industri di Texas.
Kerja sama antara Cabri-geometre dan
Texas Instruments mempercepat pengkondisian pembelajaran matematika dengan
adanya kalkulator yang mempunyai vasilitas perhitungan dan dinamik geometri
dengan nama TI-92.
Awal tahun 2000 Jean-Marie Laborde mendirikan The Company Cabrilog untuk mengembangkan software Cabri dan
memproduksi versi barunya untuk komputer dan kalkulator. Di awal 2003 versi
baru dihasilkan, Cabri Geometry II Plus,
diikuti software geometri baru : Cabri Junior untuk kalkulator TI83 dan
TI84. September 2007 dikembangkan Cabri
Geometry II Plus dilanjutkan dengan versi 1.4. Pada Sepember 2004 di
Cabriworld di Roma, Jean-Marie Laborde menembangkan Cabri Geometry II plus for MacOS
X. Pada saat yang sama muncul pula produk baru Cabri 3D, sebuah software
geometri interaktif. Sekarang versi terbarunya Cabri 3D dilengkapi peralatan numeric dan geometri dan peralatan
visualisasi 3D yang unik. Cabri 3D
memenangkan BETT awards 2007 diperlombaan digital yang bergengsi.
Program Cabri 3D V2 berguna untuk memfasilitasi siswa dalam
mengkonstruksi obyek-obyek geometri, akan tetapi kurang efektif apabila guru
tidak mengontrol kegiatan belajar, namun hal ini dapat diatasi dengan meminta
siswa mengkonstruksi obyek-obyek geometri sesuai dengan langkah-langkah
konstruksi yang telah disiapkan. Secara umum program Cabri 3D V2 terdiri dari Menu, Toolbar, dan Drawing Area. Pada bagian menu ditampilkan File, Edit, Display, Document, Window,dan Help. Pada bagian Toolbar
ditampilkan toolbox yang daat
digunakan untuk menciptakan dan memodifikas satu figur. Toolbox terdiri dari Manipulation, Points, Curves, Relative
Construction, Regular Polygons, Polyhedra, Regular Polyhedra (Platonic Solids),
Measurement and, Calculation Tools dan transformations.
C. Kelebihan
dan Kekurangan Cabri 3D
Ø Kelebihan
·
Gambar-gambar bangun
geometri yang biasanya dilakukan menggunakan bangun baik berupa kerangka bangun
maupun ruang dari jaring-jaring dapat dibuat dengan mudah yang lebih cepat dan
teliti.
·
Adanya animasi
gerakan (dragging) dapat memberikan
visualisasi dengan jelas.
·
Dapat digunakan
sebagai alat evaluasi apakah pekerjaan yang dilakukan adalah benar atau salah.
·
Memudahkan guru dan
siswa untuk menyelidiki sifat-sifat yang berlaku pada suatu objek.
·
Mempunyai perintah
pengerjaan matematika yang luas.
·
Mempunyai suatu
antarmuka berbasis worksheet.
·
Mempunyai fasiitas
pengerjaan yang baik dalam dimensi dua dan dimensi tiga.
·
Bahasa pemogramannya
memudahkan pemahaman konsep peserta didik.
·
Hasil pengerjaannya
lebih baik dibandingkan software Autograph dan Maple.
·
Mempunyai fasilitas
untuk membuat dokumen dalam beberapa format
Ø Kekurangan
·
Hasil pengukurannya
kurang akurat karena menggunakan angka decimal.
·
Kurang baik dalam
kemampuan Originality (keaslian) dan Sensitivity (kepekaan)
hf
BalasHapus